29 October 2005

PENGALAMAN BARU DENGAN "DEMI MASA"

Setelah lima seasons menulis serial "Lorong Waktu" (sejak 1999-2004), saya merasakan pengalaman baru dengan serial "Demi Masa" (RCTI, 2005, Deddy Mizwar, Teddy Syach). Masih dalam koridor sinetron relijius, tapi ada nuansa lain yang membuat saya bergairah, yaitu dengan adanya plot cinta segiempat antara tokoh RAFI (Teddy Syach) dengan tiga cewek cantik: ALMAS (antusias, pencemburu, lifestyle oriented, dimainkan dengan sangat baik oleh Vita Mariana), RIMA (terpelajar, pemalu, pemendam "luka dalam", tampil cantik dengan permainan Endang Wihartati), dan NURI (tomboy cakep penjual gado-gado, ekstrovert, berani bersaing dengan orang dari lain kelas, dihidupkan oleh bakat Yunita David).


Mulanya saya agak was-was menampilkan plot percintaan ini, mengingat sinetron ini berada di koridor Islami. Maka, dengan ikhlas saya meniadakan adegan-adegan pacaran konvensional, misalnya berpelukan bagi non-muhrim. Sebagai gantinya, unsur "kontak fisik" itu saya ganti dengan permainan dialektika sederhana seputar perasaan cinta di antara mereka berempat, yang menurut saya tidak kalah menariknya. Saya masukkan juga tokoh bocah kecil bernama ZAKI (diperankan dengan oke oleh Aldi de Barros) yang berfungsi sebagai penghias adegan atau "pelumas" cerita disana-sini.

Sebelum diproduksi, banyak pihak yang mempertanyakan ketiadaan tokoh antagonis dalam naskah saya ini. Memang saya sengaja. Saya sedang bereksperimen dengan sebuah serial tanpa "tokoh manusia jahat". Sebagai gantinya, yang bersifat "antagonis" itu adalah SITUASI dan KONDISI yang dihadapi para tokohnya: kemiskinan, power syndrome, kebodohan, kelemahan iman, pilihan yang sulit, dan sejenisnya. Ternyata, konsep ini memberikan pengalaman menulis yang sangat menantang. Alhamdulillah, hasilnya so far so good. Serial "Demi Masa" mampu merebut 20% share rata-rata penonton di slot jam 5 sore selama Ramadhan 2005 ini, bersaing ketat dengan "Mutiara Hati" (SCTV, rata-rata 25% share-nya). Komentar para penonton yang masuk ke email demigis@yahoo.com pun menunjukkan antusiasme yang cukup tinggi terhadap cerita setiap episodenya. Dan belum ada satu pun yang menanyakan ada-tidaknya "tokoh antagonis" dalam plot utama "Demi Masa". Mereka lebih peduli kepada pilihan sulit yang dihadapi oleh Rafi.

Sejauh ini saya cukup bangga dengan hasil "Demi MAsa". Makasih banyak buat dua sutradara yang sudah menangani cerita saya dengan baik sekali, yakni Pak Oman Haeruman dan Ida Baron. Juga thanks berat buat produser sekaligus pemain utama, Deddy Mizwar, yang selalu tampil brilian di setiap episode. Tak lupa respek saya terhadap keterlibatan Raslina Rasidin di sela kesibukannya sebagai salah satu artis laris di berbagai produksi. Tokoh "Bu Haji" yang dimainkannya tampil sangat cantik dan Melayu banget.

Film atau sinetron memang tak pernah menjadi karya satu orang saja. Film atau sinetron adalah karya kolaborasi antara penulis, produser, sutradara, pemain, dan kru. Yang tidak bisa dikolaborasikan hanya honornya. Hehehe...

19 comments:

Anonymous said...

Sebelumnya maaf, baru sekarang berkunjung nih.
Bung Wahyu, saya cuma bisa bilang salut! atas semua karya bung.
Tapi menurut saya yang sangat spektakuler adalah Para Pencari Tuhan.
Saya sampai berpikir, kok ada sih orang yang bisa mengarang cerita seperti ini. Dan dengan modal yang (mungkin) jauh lebih sedikit dibanding dengan sinetron yang sampai syuting ke LN. Ternyata PPT menjadi karya yang jauuuuuh lebih bermutu.
Salut!!

Anonymous said...

Saya dari Malaysia, amat berminat dengan cerita Demi Masa yang ditayangkan sepanjang bulan Ramadhan yang lepas (2007) sampai ke raya ke-6 ni pun masih ditayangkan..Adalah lebih baik kiranya cerita ini dapat divideokan dalam bentuk VCD atau DVD dan dijual di Malaysia, Indonesia dan Brunei. Sebab di dalamnya terkandung pelbagai ilmu pengetahuan dan kebaikan. Lage Demi Masa itu juga dipetik dari album Raihan (penyanyi asal lagu ini)..Adakah boleh divideokan? Sebab saya mahu menontonnya berulang kali selepas ini, insya Allah..Dan kerana saya ketinggalan 5-6 hari cerita ini, maka sebaiknya ia divideokan saja..

Anonymous said...

saya adalah salah seorang peninat dalam cerita ini.jadi saya aada kesinambungan dalam cerita ini.

Anonymous said...

i,m from malaysia very proud about this story have a work to continue this story.

Wahyu HS said...

To Pratt: Hehehe ... waow ... thanx atas salutnya. Doain ya semoga PPT 2 bisa tampil lebih maksimal.

To 3 Anonymouses from Malaysia: I'm really happy to hear that 'Demi Masa' gets so many good responses in Malaysia. Unfortunetaly, it's not available in VCD or DVD format. Let's hope for a re-run in RTM.

amrun fatah said...

Salam for bang wahyu...
Atas karyanya PPT gue kagum banget.
Nilai religiusnya tinggi oi....
Seandainya di tanah air tercinta ini banyak orang seperti bang Wahyu, dunia islam makin maju kali dalam dunia perfilman....hehehe
Maju terus buat PPT....

Anisdanar said...

Sebenarnya saya lebih memilih sinetron ini yang sampai ke season 5...
1 thn bisakan bikin 60 episode 30 puluh ppt 30 DM, jadi Ramadhan lebih seru...

Tapi memang PPT kokoh dengan tampilnya tokoh2 unik yang hanya ada di sinetron ini.

Tapi sepertinya DM dan PPT ada di kuasa Buyer ya... RCTI & SCTV

Prananto said...

Sinetron Demi Masa nampaknya masih sangat mungkin dilanjutkan kembali ceritanya. Tolong ya dilanjutkan, ceritanya sangat enjoy dan ringan, dan tentunya menarik. Para pemain pun tidak perlu diganti supaya lebih oroginal.

Unknown said...

Saya penggemar lorong waktu dan juga demi masa,

mohon diulang kembali serial demi masa tahun ini (2015) sepuluh tahun cukup penantian film ini.

Unknown said...

Saya suka sinetron demi masa

Unknown said...

Saya suka sinetron demi masa

Unknown said...

Saya suka sinetron demi masa

Anonymous said...

Sinetron yang menemani aktivitas Ibadah Puasa... terus berkarya

Klo bs diupload d Youtube lagi smua dr PR Demigesela

Fitria Ramadani Adwat said...

Sinetron ini penuh hikmah dan bermanfaat untuk ummat 😊, semoga ada di youtube, jadi bisa nonton lagi, semoga bisa memperkaya iman heheh Aamiin!!!. . .

Unknown said...

Saya penggemar sinetron Demi Masa, sekiranya mohon ditayangkan lagi di YouTube. Saya rindu sangat dengan sinetron tersebut

Unknown said...

saya jg penggemar berat sinetron demi masa.mohon di tayang kan lagi

Fakhry.bekasi said...

Masih jalan kan BLOGnya bang? Hehe...saya sangat menggemari Demi Masa...dah tua banget ya rasanya hihi...pengen banget muncul series kayak begini lagi. Semoga Allah memudahkan abang. Btw, PPT jilid 15 ini apakah penulisnya beda??

Unknown said...

Bang Wahyu HS nya sudah meninggal dunia tahun 2021 kemarin

Anonymous said...

Pengen nonton tp ga ada di YouTube 🙏